KPU RI telah Menetapkan Dapil Pemilu 2019

Senin, 09 April 2018 | 11:02:43 WIB | Dibaca: 1865 Kali


Peta Dapil Provinsi Jambi

Jambi, kpud-jambiprov.go.id - Setelah melalui tahapan panjang proses Penatan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilu 2019 dan telah melalui proses Konsultasi Publik serta Presentasi Usulan Dapil di KPU RI, akhirnya Dapil Provinsi Jambi untuk Pemilu 2019 tetah ditetapkan oleh KPU RI yang tertuang dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor: 268/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Jambi, tertanggal 4 April 2018.

Adapun Dapil untuk Provinsi Jambi tidak mengalami perubahan, masih Enam Dapil seperti pada Dapil 2014.  Enam Dapil ini adalah: Daerah Pemilihan (DP) Jambi 1 meliputi Kota Jambi, DP Jambi 2 meliputi Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Muaro Jambi, DP Jambi 3 meliputi Kabupaten Merangin dan Kabupaten Sarolangun, DP Jambi 4 meliputi Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh, DP Jambi 5 meliputi Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo serta DP Jambi 6 meliputi Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Sedangkan untuk Dapil Kabupaten/Kota perubahan terjadi pada Dapil Kota Jambi, dimana KPU RI menetapkan Kecamatan Pelayangan, Kecamatan Jambi Timur, Kecamatan Pasar Jambi dan Kecamatan Jelutung bergabung dalam satu Dapil yang sama, yaitu DP Kota Jambi 4.

Anggota KPU Provinsi Jambi Divisi Teknis, M. Sanusi menyampaikan bahwa pada saat presentasi dihadapan Komisioner KPU RI dan tim Sekretariat KPU RI di Jakarta, KPU Provinsi Jambi telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Kabupaten/Kota yang tertuang dalam Usulan Dapil yang telah disampaikan oleh KPU Kabupaten/Kota masing-masing, namun hak untuk memutuskan tetap ada di KPU RI.

Dengan hasil ini, diharapkan dapat menjadi acuan bagi Partai Politik dalam menghadapi Pemilu Legislatif 2019 yang sudah semakin dekat. (risa)

Untuk melihat Keputusan KPU tentang Penetapan Dapil di Wilayah Provinsi Jambi klik disini