Rapat Konsolidasi Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018

Jumat, 13 Oktober 2017 | 15:41:14 WIB | Dibaca: 1575 Kali


Jambi, kpud-jambiprov.go.id. Mempedomani PKPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018. Kamis (13/10) bertempat di Ruang Rapat KPU Provinsi Jambi (Ruko) digelar kegiatan Rapat Konsolidasi Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018, dengan agenda: Pembahasan Rencana Launching Pilkada Serentak 2018 di masing-masing di KPU Kabupaten/Kota dan Pembahasan terkait proses rekrutmen tenaga ad-hock di Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2018.

Rapat dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan peserta rapat terdiri dari Anggota KPU yang membidangi Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat dan Kasubbag Teknis dan Hupmas dari masing-masing KPU Kabupaten/kota penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2018. Rapat dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jambi yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh Bapak Pahmi. SY, S.Ag, M.Si. Hadir dalam Rapat tersebut: Komisioner KPU Provinsi Jambi Desy Arianto, S.Pt, MH dan M. Sanusi, S.Ag, MH serta Sekretaris KPU Provinsi Jambi, Kabag Keuangan, Kabag Hukum Teknis dan Hupmas, Kasubbag Hukum dan Kasubbag Teknis KPU Provinsi Jambi.

Dalam rapat tersebut 3 (tiga) Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada Serentak 2018 masing-masing memaparkan terkait rencana Launching Pilkada Serentak Tahun 2018 yang akan diselenggarakan. Komisioner KPU Provinsi Jambi memberi masukan agar semua rencana di atur secara rinci. Jika akan mengundang Komisioner KPU RI maka segala kemungkinan yang akan terjadi harus diperhitungkan.

Pembahasan selanjutnya terkait proses rekrutmen tenaga ad-hock di Kabupaten/Kota Penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2018. Diminta kepada KPU Kabupaten/Kota untuk benar-benar melakukan tahapan seleksi denga baik. Tenaga ad-hock yang dipilih adalah individu yang benar-benar memenuhi standar sebagai tenaga ad-hock, tidak memiliki keterkaitan dengan partai politik apapun dan tidak berada dalam proses hukum. KPU Provinsi Jambi tidak ingin dikemudian hari terjadi permasalahan terkait tenaga ad-hock terpilih.

Selain 2 (dua) agenda utama tersebut juga dibahas hal-ha lain terkait kepemiluan dan administrasi yang dianggap perlu.

Dengan adanya Rapat Konsolidasi tersebut, KPU Provinsi Jambi berharap agar KPU Kabupaten/Kota Penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2018 mengkoordinasikan semua kegiatan yang akan dilakukan kepada KPU Provinsi Jambi agar tidak terjadi kesalahpahaman yang tidak diinginkan.

Rapat Konsolidasi Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak ini ditutup oleh Ketua KPU Provinsi Jambi/mewakili pada pukul 14.00 WIB.