Rapat Konsolidasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Provinsi DIY

Kamis, 12 Oktober 2017 | 11:47:41 WIB | Dibaca: 605 Kali

Jambi, kpud-jambiprov.go.id. KPU Provinsi Jambi telah mengikuti kegiatan Rapat Konsolidasi Nasional Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Provinsi DIY pada tanggal 5 s.d 7 Oktober 2017 yang lalu. Rapat tersebut bertujuan untuk mematangkan konsep, strategi dan metode pendidikan pemilih berbasis keluarga dan berbasis warga internet atau netizen. Acara yang bertempat di Hotel Grand Mercure Adi Sucipto Yogyakarta tersebut melibatkan seluruh KPU Provinsi se Indonesia yang diwakili oleh Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dan 1 (satu) orang staf Sekretariat sebagai Pengelola Aplikasi SIPARMAS.

Acara dimulai pada kamis malam (5/10) yang diawali dengan proses registrasi peserta. Acara dibuka secara resmi oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, dan dihadiri oleh para anggota KPU RI, Evi Novida Ginting Manik, Wahyu Setiawan dan Hasyim Asyari, jajaran Sekretariat Jenderal KPU RI serta Pimpinan Komisi 2 DPR, Zainudin Amali, Ketua Komisi 2 dan Wakil Ketua Komisi 2, Fandi Utomo. Dalam sambutannya, Ketua KPU RI menyampaikan bahwa sosialisasi dan pendidikan pemilih menjadi strategi baru bagi KPU dalam rangka untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Ketua Komisi 2 DPR RI juga menyampaikan bahwa KPU harus lebih meningkatkan kreativitasnya untuk mengubah pandangan masyarakat yang awalnya berpendapat bahwa pemilu itu tidak penting menjadi pemilu itu menyenangkan.

Pada hari II (6/10), Komisioner dan Operator mengikuti kegiatan yang berbeda, dimana Komisioner dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok dan berangkat menuju lokasi untuk implementasi Kegiatan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga. Komisioner Provinsi Jambi berada pada kelompok III dengan tujuan lokasi ke Dusun Melek Politik Desa Sendangsari, Kec. Minggir, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Adapun Provinsi yang bergabung pada kelompok III adalah: Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Jambi, Provinsi Bengkulu, Provinsi Jawa Timur, Provinsi NTB, Provinsi Papua, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Maluku dan Provinsi Gorontalo. Sedangkan Pengelola Aplikasi SIPARMAS (Operator) mengikuti kegiatan Bimtek Ujicoba Aplikasi SIPARMAS yang disampaikan oleh Tim Pusilkom UI.

Pada sesi selanjutnya, semua peserta kembali berkumpul bersama dan mendengarkan Pemaparan hasil diskusi kelompok dari masing-masing kelompok Komisioner yang tadi melakukan perjalanan ke lokasi. Untuk Provinsi Jambi yang bergabung dikelompok III dengan Mentor: Bapak Wahyu Setiawan, Pendamping: Bapak Gus Farid dan judul pemaparan “Padepokan: Sendang Sari Berguru Pada Kearifan Lokal”. Setelah pemaparan hasil diskusi kelompok, dilanjutkan dengan kegiatan rencana tindak lanjut dan Penutupan Acara oleh Anggota KPU RI Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM.

Hari III (7/10) diisi dengan kegiatan Studi Wisata Pendidikan Pemilih, dengan mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Taman Pintar. Pukul 12.00 WIB seluruh rangkaian acara Rapat konsolidasi Nasional Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Provinsi D.I Yogyakarta selesai.