KOPI PEDE Jambi Mengikuti Jambore Komunitas Demokrasi di Bogor

Jumat, 18 Agustus 2017 | 10:53:49 WIB | Dibaca: 1323 Kali


Jambore Komunitas Demokrasi

JAMBI - Dua orang anggota Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPI PEDE) Provinsi Jambi yang didampingi oleh Kasubbag Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Jambi Muhammad Asfihani, SE, ME mengikuti Jambore Komunitas Demokrasi yang diikuti oleh seluruh komunitas demokrasi dari 34 Provinsi se Indonesia. Jambore ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam mulai Selasa 15 sampai Kamis 17 Agustus 2017 di Sentol Bogor Jawa Barat.

Acara dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU RI dan dibuka langsung oleh ketua KPU RI Arif Budiman. Dalam sambutannya ketua KPU RI menjelaskan bahwa program pengembangan komunitas peduli pemilu dan demokrasi merupakan salah satu program unggulan pendidikan pemilih untuk mendorong peran serta masyarakat terlibat aktif secara suka rela dalam kegiatan kepemiluan. Yang kemudian menjadi mitra KPU di Provinsi dan kabupaten/kota untuk bersama sama mensukseskan pemilu. Perwakilan KOPIPEDE provinsi Jambi Bahren Nurdin, S.S., M.A dosen UIN STS Jambi menerangkan bahwa tujuan Jambore ini mempertemukan seluruh komunitas peduli pemilu dan demokrasi sebagai ruang berbagi pengetahuan, pengalaman dan strategi bersama dalam menyamakan persepsi untuk merumuskan kerja-kerja nyata meningkatkan mutu dan kualitas demokrasi.

Wakil KOPIPEDE Prov. Jambi lainnya Mochammad Farisi, LL.M. yang juga Dosen Fisipol Unja menjelaskan output dari kegiatan jambore ini adalah menyamakan persepsi mengenai visi misi kedepan yang akan diemban untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan juga terwujudnya jaringan secara nasional seluruh komunitas demokrasi. Selanjutnya setelah kembali ke provinsi masing-masing semua peserta berkomitmen untuk bersinergi dengan KPU untuk membentuk komunitas peduli pemilu dan demokrasi di tingkat kabupaten kota khususnya yang pada 2018 nanti akan melaksanakan pilkada serentak. Semoga sinergi ini dapat mensukseskan penyelengaraan pemilu yang semakin berintegritas. (Bahren Nurdin)