PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI KPU PROVINSI JAMBI "SAYA INDONESIA, SAYA PANCASILA"

Selasa, 06 Juni 2017 | 08:45:35 WIB | Dibaca: 1636 Kali


Jambi (www.kpud-jambiprov.go.id) Dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Hari Lahir Pancasila. KPU Provinsi Jambi melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti oleh Komisioner, Sekretaris dan Pegawai yang diikuti peserta upacara dari KPU Provinsi Jambi, KPU Kota Jambi dan KPU Kabupaten Muaro Jambi bertempat di Halaman Kantor KPU Provinsi Jambi, Kamis (1/6) pagi.

Peringatan upacara hari lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni untuk pertama kalinya dilaksanakan oleh semua komponen bangsa. Dalam upacara tersebut, Ketua KPU Provinsi Jambi H.M. Subhan bertindak sebagai inspektur upacara. Selaku Inspektur upacara H.M. Subhan membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dalam sambutan tertulis tersebut Presiden  Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman “Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah ke-bhinneka Tunggal Ika-an kita”. Ujar Presiden. 

Selanjutnya dalam sambutan tersebut Presiden mengungkapkan, “dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia bisa terhindar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara”. “Selamat hari lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, Semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila".