PELATIHAN PPID KPU PROVINSI DAN KPU KAB/KOTA DALAM PROVINSI JAMBI

Selasa, 23 Mei 2017 | 09:55:26 WIB | Dibaca: 1593 Kali


Jambi, kpud-jambiprov.go.id. Bertempat di Ruang Aula Kantor KPU Provinsi Jambi, Anggota KPU RI Wakil Divisi Hubungan Masyarakat, Data, Informasi dan Hubungan Antar Lembaga, Bapak Pramono Ubaid Tanthowi, bersama Ketua KPU Provinsi Jambi, Bapak H.M. Subhan, pada hari Rabu tanggal 17 Mei 2017 membuka secara resmi acara Pelatihan Pelayanan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi. Acara pembukaan yang juga dihadiri oleh Anggota, Sekretaris KPU Provinsi Jambi dan Jajaran, Anggota dan Sekretaris KPU Kabupaten Muaro Jambi dan KPU Kota sebagai KPU terdekat, serta Pejabat PPID Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jambi. dengan Fasilitator KPU RI sebanyak empat orang diketuai oleh Bapak Robby Leo selaku Kabag. Informasi KPU RI. Dan kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 17 s.d 18 Mei 2017,

Melaksanakan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, dan PKPU Nomor 1 Tahun 2015, maka KPU Provinsi memandang perlu untuk melaksanakan Pelatihan PPID agar keterbukaan informasi yang di gadang-gadang bisa disajikan dengan cepat, tepat dan tidak memakan biaya. Pelaksanaan Pelatihan Pelayanan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dilaksanakan dengan konsep Birtday Party membuat pelatihan selama dua hari pun terasa menyenangkan dan tentunya lebih dapat diserap ilmu atau materi yang disampaikan oleh Fasilitator. Adapun materi yang dipaparkan dalam pelatihan ini antara lain ; 1.Hak Atas Informasi (UU KIP dan PKPU), 2.Daftar Informasi Publik (DIP), 3.Pengecualian Informasi, 4.Struktur PPID, 5.Sengketa di Komisi Informasi, 6.Simulasi Pelayanan Informasi, 7.cara membuat Laporan PPID , dan ditutup dengan Evaluasi Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Dalam pelatihan PPID ini peserta yang ikut sebanyak 26 orang, yang terdiri dari KPU Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi sebanyak 11 orang pejabat PPID, dan 15 orang dari KPU Provinsi Jambi yang skaligus menjadi panitia antara lain terdiri dari ; 3 orang kepala bagian, 5 orang Kasubbag., dan 7 orang pelaksana. Adapun Fasilitator sebanyak 4 orang dari KPU RI.

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari berlangsung meriah sesuai dengan konsepnya Birthday Party, menggunakan metode belajar dengan permainan, Brain storming, diskusi, dan sedikit mencairkan suasana dengan ice breaking. ini dimaksudkan agar peserta pelatihan PPID diharapkan tidak menjenuhkan dan materi dapat diserap dengan baik sehingga dapat di aplikasikan di satuan kerja masing-masing. Hari pertama pelatihan dimuali sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB dan di hari kedua dimulai kembali pukul 08.00 WIB dan ditutup sebelum acara makann siang  oleh Sekretaris KPU Provinsi Jambi pukul 13.00 WIB.