RAKOR EVALUASI PILKADA DAN PERSIAPAN PENYELESAIAN SENGKETA PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2017

Rabu, 08 Maret 2017 | 10:28:55 WIB | Dibaca: 406 Kali

Jambi.kpud-jambiprov.go.id-KPU Provinsi Jambi bertempat di Ruang Aula KPU Provinsi Jambi mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan dan Persiapan Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Tahun 2017 dengan KPU Kabupaten penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2017. KPU Kabupaten yang diundang terdiri dari KPU Kabupaten Muaro Jambi, KPU Kabupaten Tebo, dan KPU Kabupaten Sarolangun. Rakor tersebut berlangsung selama 1 (satu) hari yakni tanggal 7 Maret 2017, dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB.

Peserta yang diundang terdiri dari komisioner KPU Kabupaten, Sekretaris KPU Kabupaten dan para pajabat pembuat komitmen (PPK) masing-masing kabupaten penyelenggara Pemilihan Tahun 2017. Dengan demikian, peserta yang diundang dari kabupaten berjumlah 7 (tujuh) orang, secara keseluruhan berjumlah 21 orang. Bertindak sebagai Narasumber pada Rakor tersebut adalah semua Komisioner KPU Provinsi Jambi dan Moderator dipercayakan kepada Sekretaris KPU Provinsi Jambi, Drs. H. Heri Mujono.

Pelaksanaan Rakor didasarkan pada Surat Ketua KPU Nomor 179/KPU/II/2017, tanggal 22 Februari 2017, perihal Persiapan Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilihan Tahun 2017. Disamping itu, pertimbangan hasil monitoring KPU Tebo dan KPU Sarolangun yang digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK), maka KPU Provinsi Jambi merasa perlu memberikan pencerahan agar kedua KPU yang bersengketa tersebut memiliki persiapan yang cukup sebelum mengikuti persidangan di MK. Pada sisi lain, evaluasi tahapan dilakukan untuk menginventarisir persoalan-persoalan yang muncul dan dijadikan referensi atau pengalaman berharga bagi KPU Kabupaten/Kota yang akan menyelenggarakan Pemilihan Serentak tahun 2018.

Acara Rakor dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jambi, H. M. Subhan, S.Ag., M.H. pada pukul 09.15 WIB dan dihadiri oleh semua Komisioner, Sekretaris dan jajarannya. Pada sesi berikutnya, KPU Kabupaten Penyelenggara diberi kesempatan untuk menyampaikan laporan pelaksanaan tahapan masing-masing, mulai dari KPU Kabupaten Muaro Jambi, KPU Kabupaten Sarolangun dan terakhir KPU Kabupaten Tebo. Selanjutnya, Komisioner KPU Provinsi Jambi diberi kesempatan memberikan pengarahan sesuai Devisi, antara lain Nuradia Fitri Habi mengupas masalah DPT dan Sidalih, Pahmi Sy menyangkut Anggaran dan Logistik, Desy Arianto mengkalirifkasi soal Kampanye dan Tingkat Partisipasi dan M. Sanusi menjelaskan masalah Pencalonan dan secara khusus mengupas substansi gugatan KPU Tebo dan KPU Sarolangun di MK.

Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2017 di Provinsi Jambi berjalan relatif lancar, kendatipun ada hal-hal kecil yang mencuat pada saat pencalonan, pendistribusian logistik, laporan dana kampanye, verifikasi calon perseorangan dan lain-lain. KPU Kabupaten Tebo dan KPU Kabupaten Sarolangun juga siap untuk mengikuti persidangan di MK guna mempertanggungjawabkan hasil kerja yang digugat pihak tertentu. Namun demikian, KPU yang digugat tetap membangun komunikasi dengan KPU Provinsi Jambi sebagai langkah koordinasi dan proses advokasi serta menyiapkan help desk yang akan menyiapkan data dan dokumen yang diperlukan.