Deklarasi Kampanye Damai peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Tahun 2015

Senin, 14 September 2015 | 12:23:31 WIB | Dibaca: 3603 Kali


Deklarasi Kampanye Damai peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi

KPU Provinsi Jambi, pada tanggal 27 Agustus 2015 bertempat dihalaman depan RRI Jambi, melaksanakan Deklarasi Kampanye Damai peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi  Pemilihan Serentak Tahun 2015. Deklarasi kampanye Damai tersebut merupakan lanjutan dari hasil Penetapan Pasangan Calon dan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon. Disamping itu, Kampanye telah terjadwal dalam Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2015 sebagaimana dituangkan dalam Keputusan KPU Nomor 1 Tahun 2015, dimulai tanggal 27 Agustus 2015 sampai dengan 5 Desember 2015.

Rangkaian acara Deklarasi Kampanye Damai tersebut diawali dengan sambutan ketua KPU Provinsi Jambi, sambutan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur mulai dari Nomor Urut 1 dan dilanjutkan Nomor Urut 2, sambutan Kapolda Jambi, sambutan penjabat  Gubernur Jambi yang dirangkai dengan penandatanganan pernyataan tekad untuk berkampanye secara damai Kedua Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang disaksikan oleh seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jambi, KPU Provinsi Jambi dan Bawaslu Provinsi Jambi.

Sebelum penandatanganan Deklarasi kampanye Damai, Ketua KPU Provinsi Jambi memimpin pembacaan Tekad peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, yang berbunyi sebagai berikut : Untuk menciptakan situasi yang aman, damai dan tentram, kami Pasangan Calon dan Tim Kampanye Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi. Jambi bertekad secara bersama untuk melaksanakan Kampanye Damai dengan cara :

  1. Tetap menjaga stabilitas politik, keamanan, dan ketertiban umum masyarakat Provinsi Jambi;
  2. Mematuhi jadwal, tempat dan waktu serta prosedur pelaksanaan kampanye sesuai peraturan dan kesepakatan bersama;
  3. Saling menghormati dan menghargai antar Pasangan Calon maupun antar Tim Kampanye;
  4. Tidak menghujat, memfitnah, menghina, baik antar Pasangan Calon maupun antar Tim Kampanye serta peserta kampanye lain;
  5. Menolak politik uang (money politics) atau pemberian imbalan lainnya yang sifatnya dapat mempengaruhi pemilih;
  6. Menghormati hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi serta siap terpilih dan tidak terpilih;
  7. Melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan bersedia menerima sanksi apabila melanggar peraturan

Selesai pembacaan deklarasi kampanye damai, dilanjutkan dengan pelepasan pawai kedaraan hias Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang di iringi oleh mobil hias penyelenggara. Pelepasan ditandai dengan pelepasan pengibaran bendera pawai oleh Gubernur Jambi secara bersamaan dilakukan pelepasan balon oleh Ketua KPU provinsi Jambi. Adapun route yang ditempuh start di halaman kantor  RRI Jambi lewat IAIN Telanaipura, terus ke Kota Baru, ke Pasar Angso Duo, Broni (Jln Slamet Riyadi)  dan finish di depan Bank Jambi.