LAUNCHING PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2015

Rabu, 10 Juni 2015 | 14:39:57 WIB | Dibaca: 5519 Kali


Launching Pilkada Serentak KPU Provinsi Jambi 2015

KPUD-JAMBIPROV.GO.ID, - Bertempat di lapangan kantor Gubernur Jambi  Jalan A Yani Nomor 1  Jambi, pada hari Minggu, 7 Juni 2015, KPU Provinsi Jambi mengadakan Launching Pemilihan Serentak Tahun 2015 di Provinsi  Jambi, yang meliputi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Batanghari, Bungo, Tanjab Barat dan Tanjab Timur) dan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sungai Penuh.Pelaksanaan Launching merupakan langkah awal yang cukup strategis dalam upaya mengajak, menginformasikan dan memberikan pendidikan politik bagi masyarakat Jambi dalam Pemilihan seretak yang pertama kali serentak dilaksanakan di Tahun 2015, termasuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang puncaknya pada Pemungutan dan Penghitungan suara, 9 Desember 2015.

Peserta yang diundang dalam acara Launching secara keseluruhan berjumlah sekitar 1000 orang, yang terdiri dari Gubernur Jambi, para Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi, Pimpinan Parpol tingkat Provinsi Jambi, Ormas, tokoh masyarakat dan KPU Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, Bawaslu Provinsi Jambi, Panwas kabupaten Muaro Jambi dan Panwas Kota Jambi dan Undangan lainnya. Lanching semakin semarak dengan kehadiran komisioner KPU RI yakni Bapak Arief Budiman (Korwil Jambi) dan Bapak Hadar Navis Gumay.

Acara Launching dimulai pukul 07.30 WIB dengan acara inti, antara lain diawali dengan sambutan Ketua KPU Provinsi Jambi, gelombang pertama 2015 ini Provinsi Jambi akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilhan Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota di empat Kabupaten/Kota di empat kabupaten serta satu kota. Kabupaten/KOta yang akan menggelar Pilkada 2015 itu adalah Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Bungo, Batanghari, dan Kota Sungai Penuh. Ia menegaskan, KPU Provinsi Jambi siap melaksanakan pilkada serentak mulai dari segi anggaran serta pembentukan PPK dan PPS. “Yang kami lakukan rekruitmen beberapa waktu lalu. Alhamdulillah sudah terbentuk, sudah kami lantik dan kami berikan pembekalan-pembekalan berupa bimbingan teknis dan orientasi tugas di tingkat desa maupun kecamatan,” ujar Subhan.Selain itu ia juga berharap tercipatanya suasana yang kondusif, sejuk, dan tenang dalam Pilkada serentak 2015. “Kemudian mari kita sambut pilkada ini dengan suasana senang dan kegembiraan. Karena ini adalah pesta demokrasi rakyat Jambi. Untuk itu jangan kita ciptakan suasana yang tidak kondusif, seperti saling memfitnah atau merendahkan satu sama lain,” harapnya.

Kemudian, Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA), menekankan pentingnya independensi dan ketaatan hukum bagi penyelenggara dalam penyelenggaraan Pemilihan  Serentak Tahun 2015. “Kalau penyelnggara berpegang teguh kepada ketentuan yang sudah diatur sedemikian rupa, pasti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur berjalan lancar dan demokratis, jangan bertindak di luar koridor itu” kata beliau. 

 

Pak Arief, komisioner KPU, menjelaskan betapa KPU beserta jajaraanya berupaya keras untuk membuat sistem, cara, dan strategi agar pilkada ini tidak hanya berkualitas tapi juga berintegritas. “Jadi dalam banyak hal dan tahapan, kami (KPU) sangat transparan. Mulai dari sistem pencalonan, semua terbuka semua bisa diakses. Kemudian kita punya Sistem Data Pemilih (Sidalih) yang semua orang bisa mengakses, berapa jumlah pemilih, dimana tinggal dan TPSnya semua bisa diakses. Kita juga punya sistem penghitungan suara yang namanya Situng. Data dari TPS bisa diakses oleh siapapun,” papar Arief.. Dia juga menghimbau kepada masyarakat Jambi bahwa siapa saja berhak menjadi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, jadi tidak mesti harus dua  pasangan. Pada sisi lain, Beliau juga mejelaskan beberapa norma baru dala sistem Pemilihan, antara lain satu putaran, fasilitas kampanye oleh KPU dan lain-lain sebagainya. Dia juga menyarankan supaya ada inisiasi dari KPU Provinsi Jambi dan KPU Kabupaten/Kota untuk menginisiasi diadakan semacam special speech bagi calon sebelum dan sesudah pemungutan suara.

 

Maskot dan Jingle Pemilihan Serentak Provinsi Jambi

KPU provinsi Jambi sebelum pelaksanaan launching telah mengadakan lomba Desain Maskot dan Cipta Jingle, dengan tema dan sloga: “Gunakan Hak Pilih Anda dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Serentak Tahun 2015”.  Pada pencanangan serentak ini diperkenalkan Maskot dan Jingle hasil sayembara cipta maskot dan jingle yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jambi. Selain itu diumumkan pula pemenang KPU Award untuk tingkat Provinsi.

Sebagaimana diumumkan oleh Komisioner KPU Provinsi Jambi, Desi Arianto pemenang sayambera maskot Pilkada Jambi diraih oleh Edi Darma dengan nama Mang Koro (Kotak Suaro). Sedangkan jingle diraih oleh Harry Naposo Lubis, dengan judl lagu Ayo Memilih. “Maskot ini akan digunakan untuk sosialisasi pilkada di setiap tahapannya dan ini juga akan digunakan nantinya untuk Pemilihan Serentak Gelombang  pertama 2015, gelombang kedua 2017, dan gelombang ketiga 2018,” terang Desi.

Resepsi acara Launching diakhiri dengan pelepasan balon oleh komisioner  KPU, Gubernur Jambi dan komisoner KPU Provinsi Jambi, diringi dengan pelepasan burung merpati oleh Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi. Diantara Bupati yang hadir nampak Bupati Tanjab Timur, Zomi Zola Zulkifli Nurdin yang juga termasuk dalam bakal calon Gubernur Jambi. Pada sisi lain, acara dimeriahkan dengan adanya hiburan duet HBA-Zola yang membawakan lagu ’Kemesraan”.