SOSIALISASI PENGELOLAAN DANA HIBAH

Jumat, 29 Mei 2015 | 00:15:22 WIB | Dibaca: 4529 Kali


Peserta mengikuti Sosialisasi Pengellaan Dana HIbah Pemilihan Serentak Tahun 2015

Jambi, kpud-jambiprov.go.id. Bertempat di ruangan aula KPU Provinsi Jambi, Jalan A Thalib Nomor 33 Telanaipura, KPU RI mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Dana Hibah Pemilihan Serentak Tahun 2015. Sebagaimana diketahui bahwa di Jambi akan digelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, bersama  4 Kabupaten, yakni Batanghari, Bungo, Tanjab Barat dan Tanjab Timur serta Kota Sungai Penuh pada 9 Desember 2015 nanti.

Salah satu alasan perlunya kegiatan sosialisasi ini adalah dalam rangka suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh wilayah Provinsi Jambi. Sosialisasi ini semakin penting artinya karena pelaksanaan Pemilihan Tahun 2015 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 9 Desember 2015. Peraturan yang mengatur pengelolaan dana hibah itu sendiri baru ditetapkan pada saat tahapan sudah memasuki masa persiapan. Untuk itu, pemahaman dan persepsi yang sama terhadap ketentuan yang baru ditetapkan sangat diperlukan.  

Peserta yang diundang untuk menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut adalah Sekretaris dan Bendahara KPU Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi. Dari daftar kehadiran tercatat hampir semua Kabupaten/Kota menghadiri acara yang dibiayai KPU bekerjasama dengan KPU Provinsi Jambi, kecuali Sekretaris dan Bendahara KPU Kabupaten Kerinci. Namun demikian, 5 Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan hadir sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam rangka ketertiban dan kelancaran pengelolaan dana hibah di masing-masing daerah.

Acara yang berlangsung selama  1 (satu) hari, Selasa, 12 Mei 2015 tersebut dibuka oleh Bapak M. Sanusi, S.Ag., M.H., mewakili Ketua KPU Provinsi Jambi yang sedang menghadiri acara DKPP di Universitas Jambi, Mendalo Darat Jambi. Tampil sebagai pembicara pada kesempatan tersebut adalah, Puji Astuti,  dan dipandu oleh Sekretaris KPU Provinsi Jambi, yakni Bapak Drs. H. Heri Mujono.  

Para peserta aktif memberikan saran, tanggapan dan masukan terhadap aturan main pengelolaan dana hibah, sharing anggaran antara Provinsi dan Kabupaten/Kota yang diatur dalam Permendagri Nomor 44 Tahun 2015 yang relatif masih baru dan wajib dijadikan pedoman dalam penganggaran dan pengelolaan dana hibah, disamping ketentuan lainnya yang terkait. (Nas)