Rapat Koordinasi Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Serentak Tahun 2020

Rabu, 05 Februari 2020 | 00:08:00 WIB | Dibaca: 1358 Kali


      Selasa 3 Februari 2020 bertempat di Hotel Swiss-Bel Jambi, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jambi telah membuka kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Serentak Tahun 2020 yang di wakili oleh Anggota Komisoner KPU Provinsi Jambi M. Sanusi, dan didampingi oleh Anggota Komisioner KPU RI Viryan Aziz dan Anggota KPU Provinsi Jambi dan Sekretaris, beserta undangan 11 Kabupaten / Kota .

      Pelaksanaan rapat kordinasi hari ini merupakan tindak lanjut dari surat Ketua KPU Republik Indonesia Nomor 68 tanggal 8 Januari 2020 perihal Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Serentak Tahun 2020, Sehubungan dengan surat tersebut bahwa seluruh KPU Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi diminta untuk menyiapkan data pemetaan TPS dengan memperhatikan:

  1. Pemetaan TPS dilakukan dengan memperhatikan surat Ketua KPU RI nomor 264 tanggal 20 Desember 2019 tentang Pemetaan Data TPS,
  2. KPU Kabupaten/Kota melakukan pemetaan TPS berdasarkan Data Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir,
  3. Pemetaan dilakukan dengan menggambungkan beberapa TPS dan membagi Pemilih untuk tiap TPS paling banyak 800 orang dengan memperhatikan:
    1. Tidak menggabungkan pemilih dari kelurahan/desa atau nama lain yang berbeda pada TPS yang sama dengan tidak memisahkan Pemilih dalam satu rukun tetangga atau nama lain pada TPS berbeda dan tidak memisahkan Pemilih dalam satu keluarga sesuai NKK pada TPS yang berbeda,
    2. Hal-hal yang berkenaan dengan Aspek geografis dan
    3. Jarak dan waktu tempuh menuju TPS dengan mempertimbangkan tenggang waktu pemungutan suara,

      Kemudian Anggota Komisioner KPU RI Viryan Aziz juga berpesan untuk menjaga kekompakkan  demi terwujudnya Pemilihan Serentak Tahun 2020  menjadi yang terbaik.