RAKOR KPU PROV. JAMBI - KPU KAB/KOTA : PERSIAPAN PEMILIHAN 2015

Jumat, 29 Mei 2015 | 00:01:29 WIB | Dibaca: 5510 Kali


Pelaksanaan Rapat Koordinasi KPU Prov. Jambi dengan KPU Kab/Kota tentang persiapan pelaksanaan Pemilihan 2015 (2/3).

Jambi, kpud-jambiprov.go.id. Sehubungan dengan disahkannya Perpu Nomor 1 Tahun 2014 menjadi UU No. 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, dimana UU No. 1 tahun 2015 tersebut sedang dalam proses revisi. Salah satu poin perubahannya adalah pelaksaan pemungutan suara serentak dalam Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang masa jabatannya berakhir pada Tahun 2015 dan sampai dengan bulan Juni Tahun 2016 dilaksanakan di hari dan bulan yang sama Tahun 2015. Dengan demikian di Provinsi Jambi, pada tahun 2015 disamping Pemilihan Gubernur Jambi akan ada Pemilihan 4 (empat) Bupati yakni Batanghari, Bungo, Tanjab Barat dan Tanjab Timur dan 1 (satu) walikota yaitu Sungai Penuh.

Menyiasati hal tersebut, KPU Provinsi Jambi menggelar pertemuan dengan KPU Kabupaten/kota yang dikemas dalam bentuk Rapat Koordinasi dengan mengundang seluruh KPU Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi sebagai langkah awal persiapan pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2015. Thema yang diusung dalam Kegiatan Rakor ini adalah Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dalam Provinsi Jambi Tahun 2015. Sedangkan topik bahasan yang menjadi pembicaraan adalah Rancangan Anggaran masing-masing KPU Kabupaten/Kota dirangkai dengan inventarisasi masalah dalam persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2015.

Rapat Koordinasi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang dilaksanakan untuk pertama kali tahun 2015, dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 2 Maret 2015. Adapun Rakor tersebut berlangsung di Ruang AULA Sekretariat KPU Provinsi Jambi Jalan A Thalib Nomor 33 Telanaipura, Jambi. 

Sementara itu, Peserta yang diundang untuk mengikuti Rapat tersebut adalah seluruh Ketua KPU dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi baik yang akan melaksanakan Pemilihan Bupati/Walikota maupun belum  melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2015. Keseluruhan Undangan berjumlah 22 orang ditambah dengan staf sekretariat KPU Provinsi Jambi.

Rapat Koordinasi dimaksud ditujukan untuk memastikan kesiapan daerah dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jambi Tahun 2015 dan Pemilihan Bupati di 4 (empat) Kabupaten yakni Tanjab Barat, Tanjab Timur, Bungo dan Batanghari serta Kota Sungai Penuh. Anggaran termasuk hal yang krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah sehingga diperlukan langkah konkret guna memastikan tersedianya anggaran Pilkada Desember 2015. Disamping itu, akan ada inventarisasi terhadap permasalahan yang sering muncul pada pelaksanaan Pemilu dan Pilkada. Daftar inventarisasi masalah tersebut akan dijadikan langkah antisipatif dalam pelaksanaan tahapan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2015

Acara Rakor diawali dengan pengantar dari sekretaris KPU Provinsi Jambi, Drs. H. Heri Mujono. Beliau menyampaikan pentingnya pertemuan persiapan Pilkada sebelum pelaksanaan tahapan, terutama menyangkut anggaran. Dijelaskan juga bahwa sesuai ketentuan maka acara digelar di AULA KPU Provinsi Jambi bukan di Hotel sebagaimana bisanya. Acara dilanjutkan dengan memberi kesempatan kepada seluruh komisioner memberikan saran dan masukan mulai dari Pak Sanusi, Bu Nuraida Fitrihabi, Pak Desi Arianto, dan Pak Pahmi SY.

Pada sesi berikutnya, KPU Kabupaten/Kota, terutama yang akan melaksanakan Pilkada tahun 2015 yaitu : Batang Hari, Bungo, Tanjab Barat, Tanjab Timur, dan Kota Sungai Penuh diberi kesempatan untuk menyampaikan laporan kesiapan mereka untuk melaksanakan Pemilihan Bupati dan wali kota masing-masing. Setelah masing-masing menyampaikan laporan  dapat ditarik kesimpulan bahwa Kabupaten Batang Hari, Tanjab Barat dan Kota Sungai Penuh sudah menyiapakan Anggaran untuk pesta demokrasi yang akan digelar bulan Desember 2015. Sedangkan Tanjab Timur dan Bungo sedang dalam proses penyusunan anggaran untuk Pemilihan Bupati Masing-masing.

Namun demikian semua kabupaten/kota relatif sama persoalan yang dihadapinya yakni penyusunan anggaran belum disesuaikan dengan tahapan Pilkada serentak Tahun 2015 karena dalam proses penyusunan di KPU RI. Disamping itu persoalan lain yang diangkat oleh KPU Kabupaten/Kota adalah masih menumpuknya logistik Pemilu sebelumnya sehingga gudang penuh dengan arsip dan Dokumen Pemilu/Pilkada sebelumnya. Untuk itu, KPU Provinsi perlu mencarikan jalan keluarnya melalui pemusnahan/penyimpanan arsip yang masih diperlukan atau mungkin berkoordinasi dengan Arsip daerah masing-masing. (Nas)